Selasa, 05 Februari 2013

bubur ayam

bubur ayam

Jun 26, 201215 Commentsby 

Siapa yang tak suka dengan bubur ayam, mulai dari orang yang sehat atau orang yang sedang sakit bubur ayam jadi pilihan untuk menu sarapan atau makan malam. Bubur ayam sendiri entah berasal dari mana yang pasti hampir di semua tempat dengan mudahnya kita bisa menemukannya. Mulai dari yang berjualan dengan gerobak dorong, sepeda, motor, tenda, resto dan bahkan sekelas hotel berbintang pun ada.

Nah, untuk di Jakarta sendiri ada banyak bubur ayam yang jadi rekomendasi. Berikut 5 bubur ayam terenak di Jakarta versi Infojakarta.

1. Bubur Ayam Barito
Sebenernya, lokasi bubur ayam ini tidak berada peersis di Jalan Barito, melainkan di Jalan Gandaria Tengah. Penampilan bubur Barito ini mungkin mengingatkan Anda kepada bubur Radio Dalam yang dulu sempat terkenal itu. Toppingnya pake cheese-stick dan tentu saja potongan ayam berbentuk dadu.

Ukuran porsinya ‘nendang’ banget. Kalau Anda suka, bisa minta optional topping telur ayam kampung mentah dan juga tersedia cemilan di setiap meja berupa sate ati-ampela-usus. Untuk yang suka pedes, di atas meja juga sudah tersedia sepanci sambel. Jangan kaget lihat penampilannya yang merah menyala, karena rasanya relatif tidak terlalu pedas.

Bubur ini mulai beroperasi sekitar jam 3 sore, dan bisa bertahan hanya  sekitar jam 9 malam.

2. Bubur Ayam Tanjung Menteng
Bubur Ayam ini di jual di gerobak pinggir jalan Tanjung, Menteng.
Rasanya cukup enak dengan standar variasi bubur seperti, ayam, kerupuk dan daun seledri. Biasanya bubur yang rame kan di tambah cakwe atau kacang kedelai bahkan cheese stick juga tongcai. Bubur Ayam jalan tanjung ini mungkin karena penyajiannya yang standar membuat rasanya yang asli bubur ayam lebih terasa. Bisa juga di tambah hati atau ampela ayam on request.

Cukup laris juga karena jika siangan sedikit datangnya bubur sudah habis. Pelayannya cepat dan soal harga untuk ukuran bubur pinggir jalan yang standar variasi sedikit diatas rata rata harga bubur ayam.

3. Bubur Ayam Sukabumi Tebet
Berada di kawasan Tebet yang merupakan surga kuliner, Bubur Ayam Sukabumi yang terletak dipojokan sebelah gerai kue Cheese Cake Factory, bubur ayam di sini juga jadi favorit. Warung yang buka hampir 24 jam ini memang menjual aneka bubur ayam khas Sukabumi dengan isi beragam.

Semangkuk bubur ayam Sukabumi ini terasa sangat gurih. Buburnya kental, diolah dari beras dan kaldu saja. Toppingnya, suwiran halus daging ayam, tong cai, daun bawang, daun seledri, dan irisan cakue. Ukuran porsinya pun sangat banyak jadi cukup kenyang untuk sarapan di pagi hari atau pilihan makan malam.

4. Bubur Ayam Cikini
Bubur Ayam HR. Sulaiman ini sudah mulai buka sejak tahun 1987. Bubur dengan kuah kari, suwiran ayam, potongan cakue dan taburan emping ini menjadi salah satu ikon kuliner warga Jakarta.

Semua bahan yang digunakan Bubur Ayam HR Sulaiman adalah bahan pilihan. Berasnya merupakan beras berkualitas bagus sementara kecapnya merupakan kecap khusus dari Cirebon yaitu kecap manis Oedang Sari dan kecap asin Tjap Tiga Jari.

Larisnya bubur ayam Cikini membuat banyaknya penjual bubur lain membuat bubur ayam dengan nama sama. Untuk membedakan dengan yang lainnya, HR Sulaiman menambahkan namanya di belakang nama dagangannya menjadi “Bubur Ayam Cikini HR Sulaiman”. Anda dapat menemukan bubur ayam ini di jalan Cikini Raya (depan KFC Cikini, dekat stasiun Cikini), di Rukan Gading Batavia Kelapa Gading dan di Jalan Pecenongan jakarta Pusat.

5. Bubur Ayam depan RS Setia Mitra Fatmawati
Kalau sarapan murah, enak dan kenyang ya ada juga. Yaitu bubur ayam gerobak yang letaknya persis di seberang RS Setia Mitra, Jl Fatmawati no 80-82 JakSel. Bubur ayam ini mulai berjualan sekitar jam 6 pagi tapi kalau hari minggu atau libur, jam 8 pagi juga udah habis.

Sekitar jam 7an, sudah terlihat antrian parkir mobil dan motor disekeliling gerobak. Para penggemar biasa duduk di kursi plastik atau makan di dalam mobil. Yang bungkus juga banyak, bahkan pada bawa rantang dari rumah. Tukang buburnya juga tidak seorang, biasanya 3 orang, yang 2 orang menyiapkan bubur dan yang 1 orang sibuk mengurus pesenan.

Bubur ayamnya sih biasa saja, tapi pas dimakan enak dan gurih, buburnya kental, dikasih topping ayam, cakwe, kerupuk, bumbu kaldu kuning, kecap, bisa juga ditambah ati ampela.

Itu dia rekomendasi 5 bubur ayam versi infojakarta. Masih banyak bubur ayam yang lezat di Jakarta dan kembali lagi disesuaikan dengan selera masing-masing. Silakan jika ada rekomendasi lain untuk menambahkan.

SUMBER :http://infojkt.com/5-tempat-bubur-ayam-terenak-di-jakarta/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar